holiday belitung

Setelah 2 hari hanya berdiam diri dikamar hotel bersama bocah lucuku, maklum tujuan utama kan antar suami dinas kbelitung dan sisanya kita jalan2. Akhirnya sampailah dihari kita berjalan-jalan, hari rabu tgl 4 mei. Cuaca disana adem ayem gitu, ngga ujan dan ga panas dan beruntung pihak hotel menyediakan rental mobil jadi ga perlu pergi jauh kemana2. Akhirnya rentalah mobil dan kita mengajak teman suami buat sharing alias jalan2 bareng.
Setelah berdiskusi dengan sopir mobil dari hotel, akhirnya tujuan utama kami adalah kepulau lengkuas naik boat. Perjalanan dari hotel menuju pulau tempat boat yang akan dinaiki memakan waktu 2 jaman. Jalanan dibelitung sepi bo .. Cocok sekali buat liburan keluarga yang ngga suka macet. Dan kalo jalan lancar begini mood liburan kan bagus. Setelah beberapa jam menempuh perjalanan akhirnya sampailah kita di tempat penyewaan boat. Sopir dari hotel ngga ada kenalan untuk menyewa boat, akhirnya kota tanya2 aja langsung soalnya banyak abang2 yang nawarin buat penyewaan boat, dan keberuntungan itu selalu ada. Tiba2 aja ada sepasang suami istri yang blom punya anak plus 1 orang kawannya ngajakin kita buat 1 boat bareng. Maklum aku kan cuma berempat 1 orang teman suami, bocahku, dan suami. Jadi 1 boat yang lumayan gede itu sayang banget kalau cuman dinaikin untuk berempat.  Dan setelah negosiasi harga sama tukang boat akhirnya kita deal. (buat harga ntar aku tulis ditulisan khusus). Sementara tukang boat menyiapkan peralatan kita berganti pakaian, foto2, dan saling berkenalan. Kawan baruku itu dari jakarta, dan 1 orang lagi asli orang belitung. boat sudah siap kita dikasih pelampung masing2 1 dan awalnya emang ditawarin peralatan snorkling juga kita soalnya bakalan ada acara snorkling diperjalanan kita mengunjungi pulau2. Ouh iya dipulau star tadi tempat sewa perahu ada tulisan welcome belitung depan laut.

Ketika berperahu kamu bakalan disuguhkan oleh pemandangan batu2 besar, perahu-perahu, dan lumayan ngga begitu ramai.

Cuacanya jga adem ayem, ngga ujan dan ngga panas. Disini masih asri sekali tempatnya. Pulau lengkuas belum kelihatan, dan sebelum kepulau lengkuas ada boat tuch yang tiba2 berhenti ditengah laut dan ada orang berenang sambil foto2. Nampak dari jauh seperti melayang diatas laut padahal itu adalah pulau pasir. Pulau yang hanya ada pasir dan kalo laut lagi bagus kaya begini bisa nampak tapi kalau ngga bagus bisa aja ngga nampak. Yang nampak sekarang, pasirnya dikit. Ouh iya .. Dipulau pasir kamu bisa foto2, berenang, dan main sama bintang laut. Ada banyak bintang laut disini. Berhubung penuh dan pasir yang nampak hanya sedikit akhirnya kita memutuskan kepulau lengkuas dulu. Tempat menara mercusuar. Lumayan lama untuk sampai dipulau lengkuas, bocahku sampe tidur dia.

Setelah sampai dipulau lengkuas kamu akan disuguhkan dengan menara mercusuar-ikonnya- dipinggir pantai sebelah sana ada juga batu2 besar granit. Khasnya belitung kan batu2 granit besar yang indah. Dipulau ini sebelum masuk kemercusuar kamu bosa foto2 dulu. Spot bagus itu di bambu panjang yang ada diatas pasir. Dari situ kamu bakalan dapetin poto yang pas antara kamu dan menara mercusuarnya.

Dipulau lengkuas ini, ngga banyak pedagang, cuman ada pedagang pop mie dan kelapa muda. Jadi buat yang kelaperan bisa diganjal dulu sama popmie karena makan besar akan ada dipulau selanjutnya.
menara mercusuar ini tingginya 19 lantai ditambah 1 lantai tempat lampunya, kamu bisa naik kepaling atas-kalo sanggup- dan diatas sana bakalan dapetin keindahan pulau belitung dari atas menara. Konon katanya dari atas tuch pemandangannya 360 derajat kelihatannya.

OMG, bocahku ngga suka ada pasir nempel and so aku gendong trus dia.. Hiks..hiks sedih skali, dari rumah ngomel2 ngajak kepantai naik perahu tapi setelah sampai dipantai ngga mau kena pasir. Dengan berbagai ajakan dan rayuan biar dia mau jalan sendiri dipasir, tetep aja ngga mempan tapi untungnya pelataran menara pakai paping block jadi si bocah mau jalan dan sebelum masuk kita harus membersihkan diri pakai spon yang sudah disediakan, sandal dibuka dan siap untuk menaiki anak tangga anak tangga yang jumlahnya ratusan. Ditangga pertama bocahku yang berumur 2 tahun itu mau naik sendiri, tapi ditangga kedua ngga mau karena dia ketakutan karena lantainya itu cuman dari besi gitu terus ada jendela 1. Ditengah2 ruangan ada dinding bulet gitu, dalam dinding itu ngga tau apaan, mungkin buat peralatan lampu tangga letaknya dipinggi. Tapi amazing sekali, berhubung sibocah ketakutan dan mgga mau digendong papanya akhirnya aku dan bocahku cuman kuat sampai lantai 7.

OMG buat orang yang takut ketinggian horor banget turunnya. Pas turun tuch kondisi cuman berdua ama bocah. Sepi. Karena yang lain pada naik, dan ngga ada yang turun ketika aku turun. Suara bocahku yang ketakutan menggema dan sampai juga dilantai paling bawah. Semwntara suami dan yang lain pada naik keatas aku dan bocahku foto2 disekitaran menara dan yang unik itu ternyata ada penangkaran penyu. Ada tulisan dilarang menginjak tempat telur penyu, bingung telurnya dimana. Tempat telur ini cuman dipagar kayu, trus Ada juga tempat penetasan telur penyu. Nah penyunya dimana? Ada di sebelah warung. Hehehhe

Penyu penyu ini dijual dengan harga 50 rebu buat diceburin kelaut. Aku kira bisa dibawa pulang, tapi kasian juga kalau dibawa pulang, penyu kan hewan yang dilindungi dan habitatnya dia kan dipantai. Setelah semua turun dari menara akhirnya kita melanjutkan kepulau selanjutnya yaitu pulau kepayang, tapi sebelum kesana boat kita berhenti ditengah laut. Air laut bening, kamu bisa lihat ikan dan terumbU karang disini dan lebih asyik lagi kalau snorkling. Kitapun memakai peralatan snorkling yang dipinjamkan oleh pemilik boat. Terumbu karangnya bagus dan ikannya banyak. Dan jangan lupa bawa roti buat kasih makan ikan, berhubung ngga bawa jadi aku kasih aja jajanan bocah. Ada ciki taro, wafer tango, dan biskuat bolu, ikan pun mendekat. Seru pokoknya. Snorkling yang memakan waktu sekitar 30 menitan itu,

akhirnya kita sudahi soalnya dingin bok. Dan saatnya makan dipulau selanjutnya yaitu pulau kepayang, ternyata makan dipulau ini harus memesan sejak awal kita beranGkat tadi. Tapi karena ngga tau, akhirnya tukang boat mau bantu negoin, moga aja ada menu makan yang berlebih.

Setelah sampai dipulau kepayang, langsung kita memesan makanan dibantu tukang boat. Orang satu bilang ngga ada, dan yang satu lagi bilang ada. Mereka cekcok kita ngga peduli, yang penting ada soalnya udah lapar banget dan menu ikan bakar, sambal terasi, sambal kecap, nasi, cumi2, tumis kangkung, dan Rajungan terhidang dimeja kita. Saatnya menyantap makanan, soal rasa saya masih tetap memilih makanan bandung enak. Hehehhe
Dan setelah lihat tagihan ternyata buat duduk itu kita harus bayar perkepala 15 ribu. Hahaha tempat duduk doang harus bayar, tapi harga makannya lumayan murah kok. Kita aja cman abis 234 dengan Menu segitu banyak. Yang kalau makan dibandung ngga akan segitu atau dibangka ngga segitu pasti lebih mahal. Tapi karena kita orang irit dan maunya murah kita tawar lagi tuch harganya jadi 200 total dan dia kasih. Hahahah senang sekali makan bertujuh cuman 200 dengan menu begitu.
Setelah kenyang, next pulau selanjutnya yaitu pulau perahu berlayar. Konon batu batu disini mirip perahu yang lagi berlayar. Disini cuman foto foto aja diatas batu. Hehhe

Dari pulau perahu berlayar langsung pulang tapi sebelumnya kepulau pasir dulu buat foto dan myentuh bintang laut. Beruntung, bintang2 laut ini lagi pada naik keatas pasir. Sebenernya sech ngga naik sendiri tapi ada orang jepang nyelem buat ngebawain bintang lautnya. Soalnya kan aku ngga bisa myelam. Hehehhe

Setelah puas mengelilingi pulau2 yang ada dibelitung akhirnya kembali kepangkalan buat bersih bersih dan menuju lokasi selanjutnya yaitu pulau tanjung tinggi, tempat syuting laskar pelangi.Letaknya ngga begitu jauh kalau pakai kendaraan.. Kalau jalan kaki iya jauh.. Hehehe

Habis gitu kita makan direstoran deket situ, nama restorannya lupa. Tapi beneran enak masakannya. Kita ajakin tuch abang yang nyupirin kita ternyata kata dia dapet makan. Jadi disemua restoran dibangka ini, kalau bawa turis iya pasti ada jatah makan buat supirnya. Wow .. Keren iya ...
Setelah puas berjalan2 dan makan kita pun pulang menuju hotel.

Hari kedua Jalan2, kamis 6 mei 2016
Hari ini sech niatnya kita ngunjungi museum kata andrea hirata dan sekolah muhammadiyah gantong. Tempat bu mus ngajar. Masuk tempat ini panasnya sangat menyengat terus dihalaman itu pasir semua. Ada dua ruang kelas yang sudah reyot, masuk kekelas ini jadi inget novel andrea hirata. Dulu sekolah ditempat begini, panas sekali, pohon hanya dipinggiran saja. Kelas sederhana, ruangannya sama kaya SD aku dulu, tapi fasIlitas dan kenyamanan masih tetep jauh dri SDku dulu. Ngga tau kenapa ngerasa merinding, karena dari ruangan jelek ini -maaf iya bukan menghina- bisa lahir seseorang yang hebat. Andrea hirata merupakan inspirasi aku, aku baca novelnya pas SMA dulu. Kalau lagi males dan ngedroop belajar baca novel andrea hirata bisa jadi semangat, tapi cuman yang laskar pelangi aja. Dan hebatnya tempat ini sekaranG bisa menjadi sejarah dan ikon kota belitung. Itu yang membuatku merinding. Tak perlu tempat yang bagus, tapi tempat biasa pun bisa jadi hebat ketika orang hebat berada didalamnya. Hehehe

Kita ngga lama2 ada disini, karena panas sangat dan buru2 kita pergi menuju museum kata andrea hirata. Tempatnya sech rumah biasa aja. Tapi unik buat foto2. Hahahah tukang selfy. Tempat ini lagi direnovasi. Masuk sini gratis. Ada banyak tulisan2 andrea hirata dan barang2 zaman dulu, kursinya, dan yang menarik perhatian mesin jahitnya. Entah dari taun berapa tuch. Keren mesinnya, kayanya masih fungSi dan kuat banget terbuat dari besi semuanya, tentu karatan memang. Tapi barang tua itu unik jadinya.R
Abis gitu mau kekampung ahok, tapi macet parah disitu trus ngga turun aja, ngga kuat panas dan banyak orang. Akhirnya dianterin kebendungan dan ke klenteng dan kepantai burung mandi. Dipantai burung mandi ngga ada yang menarik sama kaya pantai pasir padi dibangka dan klentengnya juga berasa lebih bagus klentwng agung yang ada dibangka jadi kita ngga turun cuman lihat doang. Abis gitu makan diwarung Padang, karena ngga ada kuliner khas selain warung kopi didaerah gantung nech. Trus pulang dech kehotel, nyampe hotel jam 2 an .. Emang benta. Jalan2 hari kedua nech ....

Hari terakhir di belitung 7 mei 2016
Yeah check out dan kita minta antar orang hotel buat antar kepelabuhan. Tarif cuman 50rebu dah gitu dikasih mobil honda freed. Lumayan memuaskan pelayanan dihotel pandan makmur inn ini, soalnya harganya murah, servicenya jga bagus. Tapi untuk breakfast ga bisa diharapkan, cuman disajikan 1 menu sesuai lah ama budget yg kita bayar iya... Yang paling amazing kan kita udah bayar tuch, udah dipelabuhan lagi tunggu kapal. Tiba2 ada orang hotel dateng dan balikin duit, katanya ada diskon 10 persen dari pemiliK hotelnya. Wow ... Keren ngga tuch? Nginep 5 hari jadinya cuman 900 .. Heheheh seharga 1 malam di hotel berbintang. Seneng bisa liburan irit begitu. Ini pertama kali naik jetfoil. Seru juga, tapi banyaknya ngantuk. Dijetfoil kosong 1 ruangan, jadi bisa pindah2 tempat duduk suka2 sendiri, berasa kapal sendiri. Heheheh
Dan akhirnya kembali sampai bangka jam setengah 12 dari jam 7 pagi. 4 jam setengah perjalanan denga. Jetfoil. Dan liburan berakhir, kembali kerutinitas.

Dan pengeluaran atas jalan2 ini memghabiskan dana.
1. Tiket pesawat dapetnya mahal 500an soalnya pesan dadakan, diluar rencana. Awalnya mau naik jetfoil dari bangka tapi dihari minggu ga ada yang berlayar. Padahal kalau pesan jauh2 hari dapet 200an klo dari jakarta 300an ada. Tergantung.